Thursday, January 10, 2013

Sebagai orang nomor satu di Indonesia, banyak yang mempertanyakan mengapa situs sekelas presiden memakai domain .info, bukan go.id seperti situs pemerintah lainnya.

Sebagai orang nomor satu di Indonesia, banyak yang mempertanyakan mengapa situs sekelas presiden memakai domain .info, bukan go.id seperti situs pemerintah lainnya.
Ya, situs resmi milik Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memang tak seperti situs pemerintah lainnya yang menggunakan domain .go.id. Tapi memanfaatkan akhiran .info yang dilayani server di Texas, Amerika Serikat.
Namun menurut I Made Wiryana, praktisi IT yang menjadi konsultan pembuatan situs presiden, penggunaan domain .info bukanlah tanpa alasan. Saat itu mereka mengaku tengah menunggu kelahiran domain resmi untuk situs presiden.
"Sebenarnya itu adalah domain sementara sebelum yang .go.id jadi, tapi karena orang sudah banyak yang mengetahui, ya domain itu terus dipakai sampai sekarang ini," jelas Made ketika dihubungi detikINET , Kamis (10/1/2013).
Nama situs presidensby.infokembali ramai diperbincangkan paska penyerangan terhadap situs tersebut. Kelompok hacker yang mengaku sebagai Jember Hacker Teammengklaim bertanggung jawab atas serangan tersebut.
Pun begitu serangan tersebut tidak menimbulkan kerusakan apa pun. Tak ada data yang diambil, atau data yang dihapus oleh pelaku yang diklaim Kominfo berasal dari Amerika tersebut.
"Karena memang bukan situs yang diserang.Situs utama presiden ya presidenri.go.id itu, dan sampai sekarang masih aman," tandas Made.
Situs presiden yang beralamat di presidensby.infoitu hanyalah salah satu dari20 situs presiden lainnya, sedangkan situs utama milik SBY itu adalah presidenri.go.id.

Sumber : http://m.detik.com/inet/read/2013/01/10/144314/2138500/323/situs-presiden-kok-pakai-domain-info

No comments:

Post a Comment