Saturday, January 19, 2013

Arti Kata Garing, Sejarah kata “Garing”, Fungsi kata “Garing”

Dalam bahasa Indonesia baku, ternyata arti kata “garing” adalah renyah, gurih, keras danbila kata ini diterjemahkan dalam bahasa Inggris menjadi “crisp” atau “crispy”. Sedangkan dalam bahasa Sunda (Jawa Barat);garing bermakna kering.
Bila ada teman yang berkata “garing lu!”. Nahitu apa arti sebenarnya? Apakah maksudnya joke kita ga lucu atau dia ga suka sama omongan kita? Itu tergantung dari ekspresi yang mengucapkan kalimat itu. Bila teman Anda tertawa terbahak-bahak sampai keluar air mata, lalu berkata “garing” berarti dia sebenarnya mengakui bahwa joke kita beneran lucu, artinya garing dalam arti bahasa Indonesia sebenarnya maksudnya gurih, renyah, enak,joke kita benar2 enak dan menghibur seperti kripik kentang pedas buktinya dia sampai keluar air mata. Joke-nyasepertinya memang mengandung lemak makanya gurih, tapi teman kita masih gengsi bilang kita lucu, makanya kita dibilang “garing”. Nah, lain lagi bila teman Anda bicara “garing” bila Anda nge-joke, dia tertawa sambil ngomong garing ditengah2 pembicaraan Anda belum selesai. Maksud nyadisini joke Anda kreatif, yaah ga lucu2 bangetsih, tapi lumayan lah usaha Anda untuk menyegarkan suasana. Bila lawan bicara Anda ngomong “garing” dengan kalimat singkat dan datar tanpa ekspresi apa pun dan ngomong diselangi jeda setelah diam beberapa saat, itu artinya kita memang ga lucu sama sekali dan lawan bicara kasihan aja sama kita dari pada ga ada yang ngasih respon sama sekali yah udah deh cukup satu kata saja. Kalau lawan bicara ngomong “garing” setelah Anda agak lama bicara, dan lawan bicara ngomong “garing” dengan kening yang berkerut2 itu artinya pembicaraan Anda tak bermakna sama sekaliatau lawan bicara Anda sangat lemot untuk mencerna maksud pembicaraan Anda. Bila lawan bicara ngomong “garing” sambil marah atau ngedumel itu artinya joke-nya sama sekali tak lucu atau cenderung nyebelin.Kayak gini “tayangan Film hari ini garing banget sih!” sambil ngebanting remote TV. Nah, kalo ada yang ekspresinya kayak gitu, mendingan stop aja deh nge-joke nya.
Sejarah “Garing”
Aneh kan? Dari kata garing yang artinya gurih,crispy atau kering kenapa bisa jadi bentuk tanggapan terhadap lawakan, kenapabisa begitu? Seperti kata pepatah “Karena nila setitik rusak susu sebelanga.” Susu itu kan cair, berlemak dan enak, kalo tumpah yahjadi garing deh. Sejarahnya dulu ada mahasiswa di Bandung di warunglagi pada ngerumpi ngomongin mahasiswa yang mau bunuh diri cuman gara2 ga lulus ujian bahasa Indonesia sementara ada mahasiswa yang tiba2 pengen beli kerupuk di warung, selagi orang2 ketawa dia bilang kerupuk yang garing sekerasnya. Orang2 pikir nih mahasiswa edan orang lagi ngobrol kok dibilang garing, maka mereka terusin lagi ngobrol yang lucu2 sambil main kartu, namun tiba2

No comments:

Post a Comment